BERHASIL

Belakangan, Genta dan saya sedang seru-serunya berlatih. Berlatih apa? Kami melatih kemandirian kami masing-masing. Hehehe. Orang mudah paham Genta, yang usianya hampir 2 tahun, latihan kemandirian. Lha tapi saya? Umur udah hampir 35 tahun kok masih aja latihan kemandirian?

Jawaban saya mah… yah, yang umur 60 juga ada yang belum mandiri… hehehe

Kemandirian yang saya omongin lebih banyak kemandirian emosi. Ya. Bertanggung jawab penuh sama emosi yang muncul, diam-diam ataupun meledak-ledak di dalam dada. Mudah? Maish perlu berlatih lah, istilahnya. Hehehe.

Genta kelihatan lebih cepat nih akselerasinya. Sudah bisa buka baju sendiri. Lepas dan pakai celana sendiri, sangat lancar. Main sendiri, walau cuma beberapa menit, bisa. Nyendok sendiri, dalam perkembangan. Pakai garpu malah sudah lancar. Naruh pakaian kotor di tempatnya. Ambil minum sendiri. Beresin mainan. Banyak deh perkembangan Genta.

Sekarang soal saya. Gimana nih perkembangannya? Naik turun, kayak naik gunuuuuung. Hahaha. Tapi hari ini kami berdua berhasil. Ceritanya…

Genta jam tidurnya sekitar jam 11 siang. Tapi kali ini saya dan Genta memutuskan untuk berlatih tidur tanpa minum ASI. Butuh waktu lama, Genta belum tidur juga. Glibekan ke sana ke mari. Sekitar satu setengah jam kemudian, saya bilang sama Genta, “Ibu mau keluar kamar, Genta tidur di sini. OK?”

Eh, dia gak gerak loh. Tetap aja di tempat tidur. Kurang lebih 20 menit, saya masuk lagi. Dia sudah hampir nangis. Terus saya peluk, sambil saya bilang, “Tidur Nak.”

Kemampuan negosiasi kami dipertaruhkan. DIa bilang, “nonom.” Yang artinya minum ASI. Saya jawab, “OK. Minum 1x, langsung tidur ya?” Semacam negosiasi yang berhasil, kami berdua puas dengan hasilnya. Keputusan langsung dieksekusi. Result: GENTA tidur nyenyak. Ibunya menyelinap keluar dengan tenang.

Yes. Ujian hari ini BERHASIL kami lalui dengan indah.

Leave a Reply

