Tentang jualan

Sejak kapan senang jualan? Tanya teman

Hmm.. sejak kapan ya?

Waktu SD saya keliling di tetangga jualan sabun cuci kiloan dari kantor papah. Mamah yang ngiloin satu satu, saya nggeret tas koper segede gaban, ngetokin pintu tetangga, nawarin mau beli rins* apa nggak. Yang beli yaaa mamahnya Dony Hendro Wibowo sama Whisnu Ferry Kartika. Saksi hidup mereka.

Waktu SMA, saya ikut member segala macam kosmetik. Jualnya ke siapa? Ya tetangga sama saudara lah. Pulang sekolah, saya mampir ke kantor av*n ambil pesenan barang. Jelas saya yang paling muda. Hasilnya? Saya bisa beli fancy stationeries sama lip balm  buat diri saya sendiri.

Kuliah? Saya bikin brownies bareng mamah dan adek2, terus jual ke teman tetangga dan saudara. Kadang kalau pas pulang ke Semarang, buka lapak di simpang lima. Pernah juga jualan stationery dan asesoris sama adek2. Seruuuu. Daaaan, jangan lupakan, selaluuuu jadi sie dana usah bareng bos Lely Setiowati. Cuci motor, mobil, jual nasi goreng, jadi fasilitator outbound, crawling di pinggiran tol jakarta sama ms Sony Gudel Dwijayanto dan mas Giri Triatmojo, jual kaos sama kalender? Terlalu mainstream.

Waktu S2, jualannya lebih keren. Jasa training, rekrutmen dan konsultan. Juga jualan segala macem lainnya. Dendeng homemade. Pastel tutup. Parfum.

Sampai sekarang dengan butikbocah dan segala mimpi besarnya.

You know what? That little feeling when you try to sell something good to customers, and they buy it. Uuuuh, its not the 1000 or 2000 margin that lift me up to the sky. Its the trust. The trust they gave me. Thats what soo addicting.

Yesss, selling is about trust. But again, in life, what is not about trust?

Night night friends. Dont forget to kiss your kids. Love.

Leave a Reply

